BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Dalam dunia
nyata pada umumnya, kita sering menggunakan surat untuk mengabarkan suatu
berita. Namun kekurangan media surat adalah lamanya waktu yang dibutuhkan dari
pengirim ke penerima. Masalah ini dapat dipecahkan dengan menggunakan media
telepon.Namun sayangnya jika menggunakan telepon untuk jarak penelepon dan
penerima telepon yang cukup jauh, biasanya memerlukan biaya yang tidak murah,
karena menggunakan SLJJ atau SLI (Sambungan Langsung Internasional). Oleh
karena itu diperlukan media lain yang dapat membantu mengatasi kendala waktu,
jarak dan biaya ini.
Salah satu
solusi yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan email (electronic mail).
Email merupakan suatu solusi yang cukup murah, dapat diakses dari mana saja,
dan jarang mengalami keterlambatan pengiriman, karena secara umum (jika tidak
ada masalah) biasanya email dapat dikirimkan paling lama dalam waktu 5 menit saja.
Namun bukan berarti dengan menggunakan email tidak akan ada masalah yang
terjadi. Ada pula kekurangan dan kelebihannya,nanti akan kita bahas.
B.Rumusan
masalah
Adapun
rumusan masalah dalam penulisan makalah ini adalah
1.
Apa
yang dimakasud dengan e-mail?
2.
Apa
saja fungsi e-mail?
3.
Bagaimana
cara membuat e-mail?
4.
Apa
saja fungsi attachemen file dalam e-mail?
5.
Bagaimanacara
sign up di situs jejaring sosial?
C.Tujuan
Adapun
tujuan dalam penulisan makalah ini adalah
1.
Untuk
mengetahui apa e-mail.
2.
Untuk
mengetahui fungsi e-mail.
3.
Untuk
mengetahui cara membuat e-mail.
4.
Untuk
mengetahui fungsi attachemen file dalam e-mail.
5.
Untuk
mengetahui cara sign up di situs jejaring social.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian E-Mail
Email merupakan
singkatan dari Electronic Mail, atau dalam bahasa Indonesia nya Surat
Elektronik, yaitu surat yang pengirimannya menggunakan sarana elektronik yaitu
dengan jaringan internet, dengan surat elektronik atau email seseorang dapat
mengirim naskah teks, gambar, atau bahkan mengirimkan aplikasi atau file kepada
seseorang yang tentunya juga memiliki email (surat elektronik) dalam waktu yang
sangat singkat. Karena email ini menggunakan jaringan internet, maka alamatnya
pun juga menyesuaikan dengan penyedia layanan email di internet. Contoh
penyedia layanan email adalah http://www.mail.yahoo.com, http://www.mail.google.com, dll.
B.
Fungsi e-mail
1. Media komunikasi
E-mail atau
surat elektronik adalah media komunikasi yang biasa dilakukan secara persoal
atau umum (komunitas).
2. Media pengiriman
Dengan e-mail
anda bisa melakukan pengiriman data ke seluruh dunia dan tentunya pengirim dan
yang dikirimi data sama-sama menggunakan alamat e-mail, bukan alamat rumah.
Tidak hanya itu, dengan menggunakan e-mail anda bisa mengirimkan data ke banyak
orang hanya dalam hitung menit bahkan detik.
3. Efektif, efisien, dan murah
Melakukan
pengiriman data melalui e-mail sangat efektif, efisien, dan murah. Maksudnya,
anda tidak perlu keluar rumah dan pergi ke kantor pos hanya untuk mengirim foto
atau lamaran pekerjaan. Cukup melalui koneksi internet dan alamat e-mail anda,
pengiriman akan cepat sampai ke alamat tujuan dan tidak perlu biaya mahal.
4. Media promosi
Jika anda bisa
memiliki usaha di internet atau bisnis online, anda bisa mengirimkan promosi
produk ke para pelanggan anda dengan memanfaatkan daftar e-mail pelanggan yang
ada.
5. Media informasi
Melalui e-mail,
anda bisa mendapatkan informasi-informasi terbaru dari seluruh dunia yang anda
inginkan dengan cara menjadi pelanggan informasi dari media yang anda tentukan.
6. Membuat blog atau website
Dengan e-mail
anda bisa membuat blog dan website.
7. Sosial media
Dengan e-mail,
anda bisa menjalin hubungan dengan teman atau orang lain. Baik menggunakan
e-mail itu sendiri atau melalui jejaring sosial seperti facebook, twitter, atau
google.
C.
Cara Membuat E-Mail
Langsung saja
kita ke pokok pembahasan, untuk cara membuat Email di gmail, silahkan ikuti
langkah-langkah simple berikut...
- Buka http://gmail.com
·
Klik Create An Account di bawah untuk login
- Anda akan masuk ke halaman pengisian data, silahkan isi formulir pendaftaran sesuai data pribadi anda..
1.
Nama : Isi dengan nama depan dan nama belakang
anda.
2.
Pilih nama pengguna anda : Isikan alamat email
yang anda inginkan (nama email harus belum digunakan orang lain).
3.
Buat sandi : Isi dengan password yang anda
ingikan.
4.
Konfirmasi sandi anda : Masukkan ulang password
anda.
5.
Tanggal lahir : Silahkan isi dengan tanggal
lahir anda.
6.
Gender : Pilih jenis kelamin anda.
7.
Ponsel : Isikan dengan nomor telepon anda.
8.
Alamat email anda saat ini : Masukkan alamat
email lain (masukkan jika ada). Bisa anda kosongi.
9.
Lokasi : Isi dengan lokasi negara tempat anda
tinggal.
10. Centang dua
persyaratan dari google tersebut...
11. Klik tombol langkah
berikutnya
- Setelah anda mengisi formulir pendaftaran, anda akan dibawa ke halaman verifikasi akun, klik Lanjutkan..
- Anda akan diberi kode verifikasi yang dikirim oleh google secara otomatis ke nomor telepon yang anda isikan tadi. Kemudian masukkan angka verifikasi ke dalam kotak yang tersedia.Jika sudah, silahkan klik Verifikasi.
- Anda akan dibawa ke halaman Profil, langkah selanjutnya adalah menambahkan foto profil. Jika anda sudah punya silahkan ditambahkan dengan mengklik "Menambahkan Foto Profil". Jika sudah, klik saja Langkah berikutnya
- jika semua langkah diatas sudah anda lakukan dengan benar, akan ada ucapan sambutan dari Google. Klik Lanjutkan ke Gmail.
- Anda akan langsung dibawa ke halaman muka Gmail. Google akan langsung memberikan 4 pesan ke inbox email anda.
- sampai disini akun Gmail anda sudah jadi, silahkan anda manfaatkan fitur-fitur yang sudah disediakan oleh produk google gmail.
D. Fungsi Attachment File Dalam E-Mail
- Pengertian attachement
Attachemen adalah fasilitas yang disediakan pada suatu
website atau email untuk dapat mengirimkan dokumen baik berupa gambar, data,
musik, dan dokumen lainnya yang selanjutnya akan diupload ke internet.
Dengan adanya attachment sangat memudahkan kita
kalau misalnya mau bertukar informasi atau mengirim dokumen penting, karena
yang perlu kita lakukan hanyalah mengupload dokumen tersebut ke server, maka
orang lain sudah dapat mendownloadnya dari tempat lain.
2.Fungsi attachment
Attachment adalah perintah mengirim file
melalui email. Kadang saat kita mengirimkan surat kita ingin mengikutkan
lampiran surat yang lain sehingga surat yang kita buat menjadi lebih lengkap
tetapi tidak terlalu panjang.
Dalam lampiran attachment surat ini ada
beberapa dokumen yang dapat kita lampirkan juga, misalnya: document word
ataupun power point.
Singkatnya, fungsi Attachment File dalam sebuah
email yaitu untukmengirimkan suatu file (baik berupa video,gambar,animasi dll)
melalui email kealamat email tujuannya, karena
attachment file itu sendiri adalah perintah-perintah untuk mengirimkan suatu
file melalui email.
Sedangkan cara melakukan Attachment File ialah
:
- klik compose pada pilihan yang ada pada email
anda
- klik attachment file
- Klik Browse
- Pilih file yang diinginkan
- Klik Attach File
- Pilih Done
- Klik Send
- Cara Mengirimkan File, Gambar, Dsb Dengan Menggunakan Fitur "Attachment" Di Email.
1. masuk ke url/alamat email yang
dimiliki. contoh gmail, http://www.mail.google.com. maka akan tampil
gambar login email seperti di bawah.
Kemudian Masukkan alamat Email dan Password,sperti gambar di bawah
ini
2. Jika Pengisian Email dan Pasword kamu sudah benar, selanjutnya
Klik MASUK, maka akan tampil halaman dalam Email kamu seperti gambar di bawah
ini :
- Melampirkan File Data (Attachment)
3. klik “compose atau tulis” karena akan mengirim email , setelah itu akan
muncul kotak dialog pada pojok kanan bawah lalu tuliskan alamat email tujuan,
langkah berikutnya melampirkan file (attachment file) yang akan dikirim .
dengan cara klik "attach files" bertanda lingkaran (lihat gambar) :
4. Jika sudah
diklik lingkaran di atas, maka akan tampil kotak Dialog untuk mencari FILE yang
akan dilampirkan untuk di masukkan sebagai lampiran Email. Seperti gambar di
bawah ini.
- Setelah file data ketemu, Klik OPEN. dan tunggu sampai uploading file benar-benar selesai. Setelah itu pilih “SEND”,
E.
Cara Sign Up Di Jejaring Sosial
Ø Cara sign up di twitter
Pertama tama yang harus anda
persiapkan adalah email, nantinya email ini sudah pasti
digunakan untuk mengkonfirmasi akun twitter anda.
- Pertama tama yang harus anda lakukan dalam membuat twitter adalah membuka halaman situs berikut https://twitter.com/
- Signup setelah itu anda isi Nama email Dan Password sesuai dengan data diri anda. Jika sudah diisi kemudian klik “Sign Up For Twitter” untuk membuat akun twtter anda
Kemudian
Akan Tampil Seperti Tampilan DiBawah Ini Dimana Anda Harus Melengkapi Data Diri
Anda.
- Tanda Kotak Merah Adalah jika username kamu sudah tidak bisa, maka suggestion yg diberikan oleh twitter bisa dijadikan alternatif untuk username anda.
- Setelah Itu Anda Akan DiHadapkan Seperti Tampilan Dibawah Ini Dimana Kita Harus Melewati Step 1 of 6 Sampai dengan Step ke 6.
Klik Let’s Go
- Kemudian Ceklist Semua Kategori Seperti Gambar Di Atas Lalu Klik Continue
- Kemudian Klik Follow 40 & Continue Seperti Yang DiSarankan Twitter
Kemudian
Klik Skip
this step for now Jika Anda Ingin Melewati Langkah Ini, Namun
Jika Tidak, Ini Adalah Langkah Untuk Mengupload Foto Anda.
Keterangan
Gambar Diatas
- Untuk Mengambil Foto Anda Dari Kamera
- Untuk Mengambil Foto Anda Melalui Upload Dari PC/Laptop/Tablet/HP Anda.
- Skip this step for now Adalah Pilihan Untuk Melewati Langkah Ini Artinya Kita Bisa Upload Foto Kita Setelah Proses Daftar Selesai Semua.
Kemudian
Langkah ke 5 Klik Saja Skip this step
Pada Kiri Bawah Seperti Gambar Di Bawah Ini :
- Kemudian Akan Muncul Seperti Tampilan Di Bawah Ini
Pada
Langkah Terakhir Adalah Login Ke Email Anda Untuk Mengkonfirmasi Akun Twitter
Yang Telah Kita Buat, Pada Tutorial Ini Indonews Menggunakan Gmail.Com
Jika Berhasil
Makan Akan Muncul Tampilan Seperti Gambar Dibawah Ini :
Resmi sudah akun twitter anda dibuat, langkah selanjutnya
yang harus anda lakukan adalah mengisi profil pada akun twitter anda yang
berguna nantinya mempermudah orang dalam berkomunikasi.
BAB
III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Email
merupakan singkatan dari Electronic Mail, atau dalam bahasa Indonesia nya Surat
Elektronik, yaitu surat yang pengirimannya menggunakan sarana elektronik yaitu
dengan jaringan internet, dengan surat elektronik atau email seseorang dapat
mengirim naskah teks, gambar, atau bahkan mengirimkan aplikasi atau file kepada
seseorang yang tentunya juga memiliki email (surat elektronik) dalam waktu yang
sangat singkat.
Jadi,untuk
mengirim dokumen di attachemen file di e-mail tentunya kita harus memiliki
account e-mail dan untuk sign up si jejaring socialpun kuncinya dengan memiliki
account e-mail sehingga akan mudah dalam berkomunikasi atau berkirim dokumen
atau file-file.
B. Saran
Dalam pembuatan
makalah ini masih terdapat kesalahan untuk itu penulis mohon maaf atas
kekurangannya penulis berharap kritik dan saran yang membangun demi memperbaiki
makalah ini.
http://www.seoterpadu.com/2013/04/cara-membuat-gmail-di-google.html
diakses: 28 november
http://www.indonews.co.id/tutorial-lengkap-cara-membuat-twitter-di-facebook-dengan-gambar/015 diakses: 28 november
2015
Tidak ada komentar:
Posting Komentar